PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MUSIK TALEMPONG KREASI MINANG DI JURUSAN KARAWITAN FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI PADANG PANJANG. BAYU AFDHAL SETAGIA 09.6040032

BAYU AFDHAL SETAGIA DAN DHENI HARMAEN DAN AHMAD HIDAYAT (2016) PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MUSIK TALEMPONG KREASI MINANG DI JURUSAN KARAWITAN FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI PADANG PANJANG. BAYU AFDHAL SETAGIA 09.6040032. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
COVER.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

“Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Mahasiswa Pada Pembelajaran Musik Talempong Kreasi Minang di Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang”. Skripsi Jurusan Seni Musik Unpas. Salah satu aspek yang paling penting dalam pembelajaran adalah pemilihan strategi yang baik. Strategi pembelajaran adalah suatu rangkaian materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa. Pemilihan strategi pembelajaran sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti mengadakanya penelitian ini, dengan judul “Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Mahasiswa Pada Pembelajaran Musik Talempong Kreasi Minang di Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang. Selanjutnya, peneliti merumuskan pokok permasalahan yaitu : “Bagaimanakah pengaplikasian dan hambatan penerapan strategi metakognitif pada pembelajaran musik Talempong kreasi minang di Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang, dan bagaimanakah perbandingan tingkat kemampuan mahasiswa terhadap unsur musikal sebelum penerapan strategi metakognitif diterapkan dan setelah penerapan strategi metakognitif diterapkan pada pembelajaran musik Talempong kreasi minang di Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang. Landasan teori yang terdapat dalam penelitian ini berisi tentang pengertian pembelajaran, pegertian dan macam-macam metode pembelajaran, pengertian materi pembelajaran, serta pengertian dan penjelasan tentang strategi pembejaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Dengan metode deskriptif kualitatif ini, maka data yang dihasilkan adalah data deskriptif tentang Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Mahasiswa Pada Pembelajaran Musik Talempong Kreasi Minang di Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi literatur, dokumentasi dan analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifisikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2013
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 04 Oct 2016 13:47
Last Modified: 04 Oct 2016 13:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13593

Actions (login required)

View Item View Item