POSISI JERMAN DAN PENGARUH UNI EROPA DALAM PENANGANAN KONFLIK DI EROPA (STUDI KASUS : ANEKSASI KRIMEA OLEH FEDERASI RUSIA)

Reisza Pratama, 122030128 (2016) POSISI JERMAN DAN PENGARUH UNI EROPA DALAM PENANGANAN KONFLIK DI EROPA (STUDI KASUS : ANEKSASI KRIMEA OLEH FEDERASI RUSIA). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (36kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Krisis Ukraina yang berujung pada di masukkannya wilayah Krimea ke dalam wilayah Federasi Rusia. Aksi aneksasi yang dilakukan Rusia di semenanjung Krimea wilayah Ukraina yang terdiri dari Republik Otonom Krimea dan kota Sevastopol pada Februari 2014, mengejutkan komunitas internasional beralih focus ke kawasan Eropa Timur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas Uni Eropa sebagai Organisasi Internasional, yang begitu aktif di kawasan Eropa, terlebih setelah Uni Eropa sangat menginginkan Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa. Kemudian penelitian ini juga menjelaskan bagaimana hegemoni Jerman di Uni Eropa beberapa tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dekriptif, dimana penelitian difokuskan kepada pengambilan kebijakan Pemerintahan Ukraina pasca-Revolusi Euromaidan, Agresi Rusia ke Ukraina, dan juga cara Uni Eropa dalam menangani konflik di kawasan Eropa, serta posisi Jerman di Uni Eropa. Dalam kerangka pemikiran, premis mayor yang digunakan peneliti adalah hubungan internasional, organisasi internasional, kepentingan nasional, serta kedaulatan negara. Sedangkan premis minor peneliti yaitu Uni Eropa, demokrasi, Jerman, dan referendum. Berdasarkan uraian yang peneliti sebutkan dalam kerangka pemikiran maka peneliti mengambil hipotesis : “Jika Aneksasi Krimea ke dalam bagian Federasi Rusia berdasar pada Kepentingan Rusia atas Militer, Ekonomi, dan Geopolitk di Krimea maka, akan mengganggu stabilitas di Uni Eropa” Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah Begabungnya Krimea pada Federasi Rusia merupakan sebuah bentuk ancaman bagi Uni Eropa, terkhusus pada pengaruh Uni Eropa di Eropa Timur. Melihat potensi wilayah Krimea yang begitu besar seperti sumber daya alam yang kaya, serta salur distribusi gas alam dari Rusia ke seluruh penjuru Eropa, kemudian Rusia juga tidak perlu untuk menyewa pangkalan lautnya di Kota Sevastopol, kepada Ukraina. Hal ini membuat Rusia memiliki akses di pelabuhan tersebut. Aksi Aneksasi Krimea ini bukti dari strategi politis Rusia di kawasan Eropa. Kata Kunci : UNI EROPA, KRISIS UKRAINA, SANKSI UNI EROPA TERHADAP RUSIA, STABILITAS UNI EROPA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 01 Oct 2016 15:24
Last Modified: 01 Oct 2016 15:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item View Item