PENGGUNAAN MODEL COUNTEXTUAL TEACING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri Jatiroke 2 Kelas IV Pada Materi Keragaman Suku Dan Budaya Setempat)

RAHMAN SAEFULLOH, 125060028 (2016) PENGGUNAAN MODEL COUNTEXTUAL TEACING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri Jatiroke 2 Kelas IV Pada Materi Keragaman Suku Dan Budaya Setempat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap percaya diri siswa karena siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan materi keragaman suku dan budya setempat belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan materi keragaman suku dan budaya setempat di kelas IV SDN Jatiroke II. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan sikap percya diri dan hasil belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS dengan materi keragaman suku dan budaya setempat. Dengan demikian model Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Sikap Percaya Diri, Dan Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:12
Last Modified: 27 Sep 2016 17:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item View Item