MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGITIGA DAN JAJARGENJANG

AZMI ALFHISYAHRIN, 125060130 (2016) MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGITIGA DAN JAJARGENJANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Segitiga dan Jajargenjang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Segitiga dan Jajargenjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Cibeureum 01, sebanyak 20 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 60% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori cukup, dan pada siklus II persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 90% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 50% dari 20 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 50% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 90% dari 20 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 2 orang atau sebesar 10% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Cibeureum 01 pada pembelajaran Matematika materi Segitiga dan Jajargenjang. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:43
Last Modified: 26 Sep 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12818

Actions (login required)

View Item View Item