SOSIALISASI PENERAPAN DAN PENEGAKAN QANUN JINAYAH NOMOR 14 TAHUN 2003 TENTANG KHALWAT (MESUM) DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

ILMA NAUFANI YASYA, 122050258 (2016) SOSIALISASI PENERAPAN DAN PENEGAKAN QANUN JINAYAH NOMOR 14 TAHUN 2003 TENTANG KHALWAT (MESUM) DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
JUDUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
PRINT BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
PRINT BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
PRINT ABSTRAK, ABSTRACK, RINGKESAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (clear).docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul SOSIALISASI PENERAPAN DAN PENEGAKAN QANUN JINAYAH NOMOR 14 TAHUN 2003 TENTANG KHALWAT (MESUM) DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap, opini, perilaku, kognisi, afeksi, konasi masyarakat terhadap pelaksanaan qanun jinayah sesuai dengan syariat Islam yang bersumber pada Al Quran dan As Sunnah. Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi masyarakat sehingga dapat merubah persepsi ataupun perilaku masyarakat terhadap syariat Islam yang berlaku di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori SOR. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data beruapa observasi, studi kepustakaan, dan wawancara mendalam. Teknis analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan beberapa tahapan yaitu mencari arti, menemukan pernyataan, mencatat, memasukkan data sejelas mungkin serta objektif dan penjelasan kesimpulan yang nantinya akan diperoleh kemudian diverifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah Qanun Jinayah yang di dalamnya mengatur tentang Khalwat (mesum) bagi masyarakat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ialah bertujuan untuk memberi efek jera bagi pelaku maksiat, dapat menimbulkan rasa takut sehingga mencegah niat calon pelaku untuk berbuat mesum, bisa mengurangi hal-hal yang mengarah kepada perbuatan mesum, disamping itu juga Qanun Jinayah mengajarkan akhlak, norma serta mengajarkan hukum Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Hadis bagi masyarakat Aceh itu sendiri sehingga generasi-generasi muda di bumi Seuramoe Mekah tersebut memiliki moralitas sebagai pewaris dimasa yang akan datang. Hal-hal yang peneliti ingin rekomendasikan sebagai bahan masukan untuk pemerintah Aceh adalah dibutuhkan keterlibatan pemerintah pusat dalam penegakan Qanun Jinayah agar bisa menjerat pelaku mesum di kalangan pejabat dan kalangan orang penting lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:40
Last Modified: 21 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12266

Actions (login required)

View Item View Item