PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD

ZAHRA LUTFIAH NUR FATHIMAH, 205060042 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS pada peserta didik di kelas IV SDN 130 Batunggal Sekelimus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan quizizz, peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model discovery learning berbantuan quizizz, dan seberapa besar pengaruh model discovery learning dengan bantuan quizizz terhadap peningkatan hasil belajar IPAS di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji-T, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbantuan quizizz berjalan lancar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan Ngain ternormalisasi, dengan hasil 0,78 untuk kelas eksperimen dan 0,19 untuk kelas kontrol. Uji effect size menunjukkan hasil sebesar 0,24 yang diinterpretasikan sebagai kategori sangat kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan quizizz memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Dec 2025 06:20
Last Modified: 05 Dec 2025 06:20
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81917

Actions (login required)

View Item View Item