WidiastutiWinda, 205060001 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI DORA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SDN 042 Gambir). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB V.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling berbantuan aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik di Kelas IV SDN 042 Gambir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SDN 042 Gambir Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas IV sebanyak 56 orang, yang terdiri dari 28 orang di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 28 orang di kelas IVB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang digunakan, ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling berbantuan aplikasi DORA) dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan menyimak peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran di kelas IV A SDN 042 Gambir sebagai kelas eksperimen berjalan dengan baik dan sesuai dengan modul ajar yang telah dipersiapkan. Penerapan model ini dapat meningkatkan aktivitas pendidik dari 79% pada pertemuan 1 menjadi 96% pada pertemuan 4, serta meningkatkan aktivitas peserta didik dari 78,4 menjadi 88,2. Selain itu, keterampilan menyimak peserta didik juga mengalami peningkatan signifikan, di mana nilai rata-rata pretest sebesar 31,79 meningkat menjadi 77,50 pada posttest. Berdasarkan hasil Uji T (Independent Sample T-Test), diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Peningkatan keterampilan menyimak juga diperkuat dengan hasil uji Gain Ternormalisasi, di mana kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,56, sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,71. Hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,131, yang berarti memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan menyimak peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak peserta didik dapat ditingkatkan secara signifikan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling berbantuan aplikasi DORA (Dongeng Nusantara). Kata Kunci : Keterampilan Menyimak, Media Aplikasi Dora, Model Kooperatif Tipe Paired Story Telling
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 09:08 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 09:08 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
