PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimental Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 068 Sindanglaya)

Luthfiyah Zalfa, 205060015 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimental Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 068 Sindanglaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kompetensi membaca dasar pada peserta didik kelas I SDN 068 Sindanglaya, yang hanya mencapai 48,79% dan berada di bawah ambang batas Kriteria Ketuntasan Minimal, mendorong dilakukannya penelitian ini. Studi kuasieksperimen ini dirancang untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match yang diintegrasikan dengan media flipbook terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan. Desain Nonequivalent Control Group diterapkan pada dua kelompok sampel, dimana kelompok eksperimen menerima perlakuan inovatif sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tes membaca (pretestposttest), kelompok eksperimen menunjukkan capaian yang signifikan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 85,75 (70%), yang secara statistik lebih unggul dibandingkan kelompok kontrol yang memperoleh 78,42 (61%). Analisis statistik dengan independent sample t-test mengonfirmasi signifikansi perbedaan tersebut (nilai sig. 0,001 < 0,05), sementara perhitungan effect size yang mencapai 1,00 mengindikasikan pengaruh yang tinggi. Temuan ini membuktikan bahwa integrasi model Make a Match dengan flipbook tidak hanya efektif, tetapi juga layak diadopsi sebagai strategi inovatif dalam memperkuat fondasi membaca di jenjang sekolah dasar. Kata Kunci : flipbook, kemampuan membaca permulaan, model kooperatif tipe make a match, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Dec 2025 09:00
Last Modified: 10 Dec 2025 09:00
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81949

Actions (login required)

View Item View Item