ZAHRA LUTFIAH NUR FATHIMAH, 205060042 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS pada peserta didik di kelas IV SDN 130 Batunggal Sekelimus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan quizizz, peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model discovery learning berbantuan quizizz, dan seberapa besar pengaruh model discovery learning dengan bantuan quizizz terhadap peningkatan hasil belajar IPAS di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji-T, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbantuan quizizz berjalan lancar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan Ngain ternormalisasi, dengan hasil 0,78 untuk kelas eksperimen dan 0,19 untuk kelas kontrol. Uji effect size menunjukkan hasil sebesar 0,24 yang diinterpretasikan sebagai kategori sangat kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan quizizz memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Quizizz
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 06:20 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 06:20 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
