NANANG HIDAYAT, 125060233 (2016) HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (92kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (20kB) |
|
Text
bab1 ok.doc Download (84kB) |
|
Text
BAB2 ok.doc Download (206kB) |
|
Text
BAB3 ok.doc Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
BAB4 ok.doc Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
|
Text
BAB5 ok.doc Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Purabaya Kecamatan Leles Kabupaten Cianjur yang menunjukkan kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar siswa yaitu guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran guru lebih mendominasi pada akhirnya siswa hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan guru sehingga siswa menjadi pasif dan berdampak kepada hasil belajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah metode pembelajaran inkuiri. Metode pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa mencari sebuah permasalahan dan pada akhirnya harus menjawab sendiri dari setiap permasalahan tersebut sehingga didapat pengalaman belajar yang bermakna. Metode pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenai Masalah-masalah Sosial di Lingkungan Setempat dalam pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa, hasil postes di siklus I sebanyak 67% peserta didik sudah dikatakan tuntas mencapai KKM yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 70 untuk skala >50-100. Sedangkan sisanya yaitu 33% siswa masih jauh dari KKM. Peningkatan terlihat pada siklus II hasil postes yang didapatkan siswa yaitu 91% siswa berhasil mencapai KKM yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 70 untuk skala >50-100 telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 85% dan yang belum mencaimpai KKM yaitu 9% siswa. Artinya hasil belajar siswa pada siklus II ini dikatakan berhasil. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 91%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan peneliti 85%. Dengan demikian metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 18:59 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 18:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9948 |
Actions (login required)
View Item |