Yolla Mentari, 125060042 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CISARANTEN KIDUL PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.docx Download (28kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (76kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (128kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (20kB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dalam pembelajaran IPS melalui metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten kidul Bandung dan Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dalam pembelajaran IPS malalui metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten Kidul Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik motivasi maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I aktivitas dan motivasi siswa sebesar 52%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 48%. Pada siklus II aktivitas dan motivasi siswa sebesar 84%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 82%. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Cisaranten Kidul merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning (PBL)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 17:55 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 17:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9932 |
Actions (login required)
View Item |