Dwi Oktovriani, 125060083 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (519kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (237kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah perencanaan pembelajaran pada materi masalah sosial di lingkungan setempat disusun menggunakan model Problem Based Learning (PBL) agar sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cisaranten Kidul meningkat dan bagaimanakah proses pembelajaran pada materi masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SDN Cisaranten Kidul dilaksanakan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dilakukan agar sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model Problem Based Learning terhadap sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik sikap rasa ingin tahu maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I sikap rasa ingin tahu siswa sebesar 69,66%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 68%. Pada siklus II sikap rasa ingin tahu siswa sebesar 88%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 100% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 70. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Cisaranten Kidul merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 17:28 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 17:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9902 |
Actions (login required)
View Item |