PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SDN ASMI PADA SUBTEMA KEBIASAAN MAKANKU

Fitri Wulansari, 125060308 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SDN ASMI PADA SUBTEMA KEBIASAAN MAKANKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER JUDUL SKRIPSI.docx

Download (81kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (929kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor serta sikap hidup sehat siswa dengan menerapkan model problem based learning pada subtema kebiasaan makanku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV B SD Negeri Asmi dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang memiliki sikap hidup sehat dan pada hasil belajar yang mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotor masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan satu metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga pembelajaran pada setiap siklusnya dengan menerapkan model problem based learning. Adadun instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar termasuk pada ranah afektif khsusunya sikap hidup sehat. Hasil belajar siklus I diantaranya pada ranah afektif nilai rata-rata sebesar 66, kognitif nilai rata-rata sebesar 79, dan psikomotor nilai rata-rata sebesar 76, sedangkan hasil belajar siklus II pada ranah afektif rata-rata nilai mencapai 74, kognitif dengan nilai rata-rata mencapai 90, dan psikomotor dengan nilai rata-rata 80. Pada ranah afektif khususnya penilaian sikap hidup sehat dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 73 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 79. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning adalah membutuhkan waktu yang lama. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dapat mengkondisikan siswa dengan baik. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran lainnya. Kata kunci: problem based learning, hidup sehat, hasil belajar, hambatan, dan upaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 14:38
Last Modified: 01 Sep 2016 14:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9807

Actions (login required)

View Item View Item