PUTRI RIDHA FERNANDA, 125060087 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. cover.docx Download (28kB) |
|
Text
7 ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (66kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (87kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi masalahsosial di lingkungansetempatpada siswa kelas IV SDN Rancaating 01 dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rancaating 01Kabupaten Bandung. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 19 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sangat baik untuk motivasibelajar yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 65. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 motivasi belajarsiswa mencapai55,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak88,8%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 42,10% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 100%.Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model Discovery Learning,karena model Discovery Learningini berpusat pada siswa dimana siswa dapat mengembangkan pengetahuan berpikir yang telah mereka miliki maupun pengetahuan baru untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata yang diaplikasikan dengan pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalahsosial di lingkungansetempat dikelas IV SDNRancaating 01Kabupaten Bandung. Kata Kunci:model Discovery Learning, motivasibelajar, hasil belajar, pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 13:05 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 13:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9733 |
Actions (login required)
View Item |