PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANFAAT MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI

RINA AGUSTINA, 125060098 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANFAAT MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (120kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (735kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema manfaat makanan sehat dan bergizi dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan sikap teliti siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap teliti dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I ternyata siswa yang memperoleh ketuntasan sikap teliti sebesar 63% dengan kategori cukup dan pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Pada hasil belajar siswa terdiri dari ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada siklus I, sikap spiritual dengan ketuntasan sebesar 52% dengan kategori rendah dan siklus II sebesar 85% dengan kategori baik. Selanjutnya sikap sosial siswa pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 41% dan siklus II sebesar 70% dengan kategori baik. Pada ranah pengetahuan, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 67% dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya pada ranah keterampilan siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 63% dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Salah satu kendala dalam penelitian ini yaitu penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga untuk mengatasinya hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan memberikan informasi secara singkat saja. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada subtema manfaat makanan sehat dan bergizi pada kelas IV SD Negeri Asmi Kota Bandung dengan menggunakan model Discovery Learning mampu meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Teliti, Hasil Belajar, Hambatan, Upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2016 15:35
Last Modified: 31 Aug 2016 15:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9698

Actions (login required)

View Item View Item