PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA (Penelitian Eksperimen Pada Siswa SMP Kelas VII di Garut)

Tri Arif Wiharso, NPM. 128612014 (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA (Penelitian Eksperimen Pada Siswa SMP Kelas VII di Garut). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan metode discovery learning dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Garut yang berasal dari dua kelas. Satu kelas mendapat pembelajaran dengan metode discovery learning (kelas eksperimen) dan satu kelas mendapat pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik, serta skala sikap siswa. Data dianalisis dengan uji Mann Whitney dan uji korelasi. Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode discovery learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode discovery learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematik siswa; 4) siswa menunjukkan sikap positif terhadap metode discovery learning. Kata kunci :kemampuan komunikasi, kemampuan pemecahan masalah, metode discovery learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 30 Aug 2016 14:51
Last Modified: 30 Aug 2016 14:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item