PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN LATAR BELAKANG SIKAP DAN AKTIVITAS SISWA SMA

YENI SAVITRI OKTAVIANI, NPM : 138060041 (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN LATAR BELAKANG SIKAP DAN AKTIVITAS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I & II.docx

Download (65kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk: 1) melihat kemampuan pemecahan masalah pada materi geometri yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari model pembelajaran ekspositori Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika (Tinggi, Sedang, dan Rendah); 2) melihat interaksi antara model pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah; 3) mengetahui sikap siswa pada materi geometri melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method) dengan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 dan kelas X MIA 4 SMA Negeri I Ciamis tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket sikap, lembar observasi dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi geometri; 2) Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi geometri; 3) Sikap siswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi geometri; 4) Kemampuan pemecahan masalah pada materi geometri yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari model pembelajaran ekspositori; 5) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan KAM tinggi sedang dan rendah pada materi geometri yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada model pembelajaran ekspositori; 6) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah matematik, sikap siswa dan aktivitas siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Aug 2016 15:33
Last Modified: 29 Aug 2016 15:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9575

Actions (login required)

View Item View Item