SANTI PURNAMASARI, 115060164 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIGONDEWAH 1 PADA MATA PELAJARAN IPA SUBPOKOK BAHASAN STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (27kB) |
|
Text
LEMBAR pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.doc Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB I revisi baru.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II revisi.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB III revisi.docx Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
Abstract
Penelitian Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Cigondewah 1 dalam pembelajaran IPA pada subpokok bahasan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pembelajaran yang diberikan secara konvensional menjadikan pembelajaran monoton, kurang efektif dan siswa tidak mampu bekerjasama dengan teman sekelompoknya karena cenderung mengandalkan satu orang siswa dalam kelompok tersebut pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan hasil prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan perbaikan, yaitu diperoleh hasil evaluasi awal dengan ketuntasan 18,5%. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan selam dua pertemuan dimana tiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, angket, wawancara dan lembar kerja siswa. Perencanaan dengan menggunakan model Discovery Learning ini menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok sehingga mereka dapat saling membantu dalam memahami materi dan menemukan konsep secara berkelompok. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar pada siklus I dengan ketuntasan 29,6%, siklus II dengan ketuntasan 60% dan siklus III dengan ketuntasan 82%. Dengan demikian, penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA subpokok bahasan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya. Kata kunci: Discovery Learning, kerjasama, prestasi belajar, struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 18:43 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 18:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9449 |
Actions (login required)
View Item |