DINY NOVIANTI, 115060318 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPAUNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN WINDUSARI KAB. KUNINGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (108kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
motto.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
pernyataan 2.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
ABTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (15kB) |
|
Text
katapengantar.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
bab 1 diny.docx Download (30kB) |
|
Text
bab 2 diny.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB 3 diny.docx Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
BAB 4 diny.docx Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
BAB 5 diny.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
daftarpustaka.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi organ tubuh manusia dan hewan, di kelas V SDN Windusari dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Hal ini didasari karena adanya berbagai temuan masalah di sekolah, dimana siswa tidak ikut aktif saat pembelajaran, pembelajaran yang masih konvensional, penggunaan media pembelajaran yang tidak maksimal yang mengakibatkan aktifitas dan hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Dalam penelitian ini membahas bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, bagaimana pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri, serta mengetahui gambaran peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelititian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus dimana didalamnya terdapat perencanaan, pelaksanaan dan observasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik evalusi pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes, dimana teknis tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru (peneliti) pada proses pembelajaran. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan antara lain RPP, lembar tes, lembar LKS, lembar observasi aktifitas guru, lembar aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa, siklus I baru 64,51% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai 61,61. Pada siklus II 93.54% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai 70,48. Hal ini disebabkan karena penggunaan model Pembelajaran Inkuiri ini, membawa siswa kedalam suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Inkuiri, peningkatan Aktifitas dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 19:16 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 19:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9296 |
Actions (login required)
View Item |