PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT BENDA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD SANTA URSULA BANDUNG

YULIANANINGSIH, 115060037 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT BENDA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD SANTA URSULA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI YULI.docx

Download (18kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
3. Motto.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI yuli.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
5. kata pengantar yuli.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.rtf

Download (51kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
Bab I yuli.rtf

Download (313kB)
[img] Text
BAB III Yuli 25agust2015.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
BAB IV cadangan.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V good.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ok.rtf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini diteliti oleh Yuliananingsih di kelas III SDK Santa Ursula Bandung. Latar belakang masalah hasil belajar siswa yang rendah pada pelajaran IPA dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik sehingga membuat pemahaman siswa rendah dan nilai dibawah KKM. Adapun rumusan masalah, Apakah penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Penulis juga mengemukakan enam pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaiman prestasi belajar siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran? 2) Bagaimana respon siswa selama siswa mengikuti pembelajaran? 3) Bagaimana dokumen pembelajaran? 4) Bagaimana aktivitas belajar selama mengikuti pembelajaran? 5) Bagaiman aktivitas guru selama guru melaksanakan pembelajaran? 6) Bagaiman hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran?. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui bagaiman perencanaan dengan menggunakan penerapan metode CTL. 2) Mengetahui bagaimana proses aktivitas siswa dan guru terhadap model CTL. 3) Untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar setelah mengikuti model STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Objek penelitian adalah siawa kelas IIIC SDK Santa Ursula Bandung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket respon siswa, lembar observasi dokumen guru, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil perhitungan model pembelajaran CTL yaitu: 1)Perolehan nilai pada tahap pra siklus yaitu 64,70% siswa belum mencapai KKM dan 35,30% siswa sudah mencapai KKM. 2) Berdasarkan respon siswa pad siklus I 80,9% dan siklus I 90,6% 3) Berdasarkan dokumen pada siklus I mencapai 70,5% dan siklus II 80%. 4) Berdasarkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63,25% dan siklus II 82,5%. 5) Berdasarkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 66,5% dan siklus II 94,6%. 6) Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 47,1% dan siklus 2 mencapai 85,12%. Dengan demikian maka pembelajaran menggunakan CTL dinyatakan berhasil. Kata kunci: Model pembelajaran CTL, Sifat-sifat Benda, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Aug 2016 18:51
Last Modified: 13 Aug 2016 18:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item