PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

PUTI IGNISUFIATI, 115060094 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover skripsi.docx

Download (67kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (37kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB III puti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (33kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V di SDN Ibu Dewi 7 dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Hal tersebut didasari oleh kurangnya kemampuan selama pembelajaran berlangsung yang berimbas pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang dilakukan selama dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik nontes untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas kinerja guru/peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II bahwa, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 25%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 90,62%. Oleh karena itu, penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) sangat menunjang terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan dalam model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman, dan dapat mengembangkan kemampuan sosial, dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Kemampuan menulis karangan narasi, model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Aug 2016 17:33
Last Modified: 13 Aug 2016 17:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8924

Actions (login required)

View Item View Item