PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD

EVA RATNA FURI, 095060230 (2016) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll..docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB I ACC.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II ACC.docx

Download (196kB)
[img] Text
BAB III ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
Bab V ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA rapih.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peseerta didik pada materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di kelas V SDN Cijati dengan menerapkan metode Role Playing. Hal tersebut didasari dengan kurangnya pemahaman peserta didik selama pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus tekhnik yang digunakan pada penelitian ini adalah tekhnik tes, angket dan observasi. Penilaian RPP dengan menggunakan Rubrik RPP pada siklus I memiliki persentase 95% dan siklus II memiliki hasil pesentase 100% . Lembar observasi pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Role Playing pada siklus I memiliki pesentase 96,3% dan siklus II memiliki hasil pesentase 100%. Hasil post-tes peserta didik pada siklus I yang tuntas memiliki persentase sebesar 70% sedangkan yang tidak tuntas 30%, sedangkan hasil post-tes peserta didik pada siklus II yang tuntas memiliki persentase sebesar 100%. Hasil pemahaman konsep peserta didik pada siklus I yang tuntas memiliki pesentase 87%, sedangkan hassil pemahaman konsep pada siklus II yang tuntas memiliki pesentase 100%. Dengan demikian penerapan metode Role Playing sangat menunjang terhadap pemahaman konsep menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia khususnya di SD Negeri Cijati. Hal ini disebabkan dalam penerapan metode Role Playing pendidik dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman suku bangsa dan budaya, serta dapat mengembangkan keterampilan sosial. Kata Kunci : Metode Role Playing, Pemahaman konsep, Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2016 18:14
Last Modified: 12 Aug 2016 18:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8737

Actions (login required)

View Item View Item