EVA RATNA FURI, 095060230 (2016) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (17kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll..docx Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB I ACC.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB II ACC.docx Download (196kB) |
|
Text
BAB III ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
BAB IV ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
|
Text
Bab V ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA rapih.docx Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peseerta didik pada materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di kelas V SDN Cijati dengan menerapkan metode Role Playing. Hal tersebut didasari dengan kurangnya pemahaman peserta didik selama pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus tekhnik yang digunakan pada penelitian ini adalah tekhnik tes, angket dan observasi. Penilaian RPP dengan menggunakan Rubrik RPP pada siklus I memiliki persentase 95% dan siklus II memiliki hasil pesentase 100% . Lembar observasi pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Role Playing pada siklus I memiliki pesentase 96,3% dan siklus II memiliki hasil pesentase 100%. Hasil post-tes peserta didik pada siklus I yang tuntas memiliki persentase sebesar 70% sedangkan yang tidak tuntas 30%, sedangkan hasil post-tes peserta didik pada siklus II yang tuntas memiliki persentase sebesar 100%. Hasil pemahaman konsep peserta didik pada siklus I yang tuntas memiliki pesentase 87%, sedangkan hassil pemahaman konsep pada siklus II yang tuntas memiliki pesentase 100%. Dengan demikian penerapan metode Role Playing sangat menunjang terhadap pemahaman konsep menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia khususnya di SD Negeri Cijati. Hal ini disebabkan dalam penerapan metode Role Playing pendidik dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman suku bangsa dan budaya, serta dapat mengembangkan keterampilan sosial. Kata Kunci : Metode Role Playing, Pemahaman konsep, Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 18:14 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 18:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8737 |
Actions (login required)
View Item |