CHRISTANTINA ALFATRIA WARDHANI, 115060074 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LINGGABUDI DALAM PEMBELAJARAN IPS SD PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN ( ROLE PLAYING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.docx Download (45kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
moto dan persembahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Download (15kB) |
|
Text
Abstrak Skripsi.docx Download (15kB) |
|
Text
abstract Skripsi.docx Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
Bab II.docx skripsi.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Penelitian dengan menggunakan metode Bermain peran (Role playing) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Linggabudi kota Cimahi dalam pembelajaran IPS SD mengenai Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam. Tujuan dari penelitian ini yaitun untuk meningkatkan perencanaan dan motivasi belajar terhadap metode pembelajaran di SDN Linggabudi Kota Cimahi melalui metode Bermain Peran (Role Playing) . Karena di latar belakangi oelh pembelajaran yang masih menggunakan metode metode yang konvensional seperti ceramah, komunikasi satu arah dari guru atau biasa di sebut dengan teacher centered membuat mitivasi siswa menjadi rendah dan sangat berpengaruh pada proses pembelajaran. Hal tersebut di karenakan pemilihan metode yang kurang tepat dari guru karena pembelajaran IPS sering disebut sebagai pelajaran yang membosankan. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus, dengan ketentuan satu siklus dua kali tindakan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terhadap proses pelaksanaan metode pembelajaran. Dan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode Bermain Peran (Role Playing) tentang kegiatan Ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam yang telah dilaksanakan di SDN Linggabudi Kota Cimahi terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS SD. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 28% dan pada siklus II 88% Tuntas dari KKM. Kata Kunci : Bermain Peran (Role Playing) , motivasi dan hasil belajar , IPS SD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 19:35 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 19:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8592 |
Actions (login required)
View Item |