SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

MA’ANY BARRA, 185050032 (2025) SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dapat menghambat kegiatan belajar siswa. Dalam pembelajaran, khususnya matematika, kemampuan pemecahan masalah secara matematis serta kemandirian siswa merupakan faktor terpenting yang harus dimiliki. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keahlian-keahlian tersebut adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk: menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandiriaan belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) dan menganalisis hasil implementasi model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode kepustakaan (library research) dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Berdasarkan analisis dan pembahasan dari beberapa sumber literatur terdahulu, dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) penerapan PBL juga terbukti memberikan dampak positif terhadap kemandirian belajar, terakhir, (3) model PBL memiliki dampak yang lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional/tradisional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar siswa, metode Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:40
Last Modified: 28 Oct 2025 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81626

Actions (login required)

View Item View Item