PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELFCONFIDENCE SISWA SMP

MA’MUR MUHAMAD ASEP, 215050001 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELFCONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (976kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-confidence merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya menunjukkan bahwa Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Selfconfidence siswa khususnya untuk jenjang SMP masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Menganalisis Selfconfidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Menganalisis korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Selfconfidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung, dengan sampel penelitian kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket Self-confidence, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. 2) Selfconfidence siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan wordwall. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-confidence, Discovery Learning, Wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Oct 2025 02:10
Last Modified: 17 Oct 2025 02:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81524

Actions (login required)

View Item View Item