PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LIVE PRODUK PADA APLIKASI SHOPEE (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung)

Novi Yan, 184010112 and Dr. H. Popo Suryana, SE.,MSi, Pembimbing (2025) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LIVE PRODUK PADA APLIKASI SHOPEE (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality (kualitas pelayanan elektronik) dan harga terhadap kepuasan pelanggan dalam konteks live produk di aplikasi Shopee. Objek penelitian ini difokuskan pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, serta menggabungkan metode deskriptif dan verifikatif untuk menggambarkan serta menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Populasi penelitian berjumlah 2.074 mahasiswa, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh melalui teknik non-probability sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan indikator dari masing-masing variabel penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, EService Quality dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan live produk Shopee. Variabel E-Service Quality memberikan kontribusi dominan terhadap tingkat kepuasan dibandingkan harga. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemudahan transaksi, keandalan sistem, keamanan data, dan responsivitas layanan merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pengguna Shopee di kalangan mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan dalam meningkatkan strategi pelayanan dan penetapan harga pada fitur live commerce. Kata Kunci: E-Service Quality, harga, kepuasan pelanggan, Shopee, live shopping

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2018
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 03 Oct 2025 12:05
Last Modified: 03 Oct 2025 12:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80330

Actions (login required)

View Item View Item