PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA

Ai Solihah, 115060038 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1) Cover.docx

Download (42kB)
[img] Text
2) Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
3) Motto dan Persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
4). pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
5) ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
6) kata pengatar dan ucapan terimakasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
7) DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (34kB)
[img] Text
11) Curriculum Vitae.docx
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)

Abstract

Berdasarkan dari latar belakang masalah, dalam penelitian ini penulis merencanakan penelitian tindakan kelas melalui “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Alat Pencernaan pada Manusia” di kelas V C SDN Cicalengka 05 dengan mengambil subjek penelitian yang berjumlah 29 siswa. Dengan merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana menyusun perencanaan pembelajaran IPA pada materi alat pencernaan pada manusia melalui penerapan model discovery learning? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA pada materi alat pencernaan pada manusia melalui penerapan model discovery learning? 3) Bagaimana meningkatkan keaktifan siswa pada materi alat pencernaan pada manusia melalui penerapan model discovery learning? 4) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan pada manusia setelah penerapan model discovery learning? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang proses pembelajaran dengan penerapan model Discovery Learning dan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini harus direncanakan sebaik mungkin, dengan adanya perencanaan pembelajaran yang terus diperbaiki maka kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Adapun perolehan nilai siswa pada tes formatif yang menunjukkan pemahaman siswa pada materi alat pencernaan pada manusia menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 58% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 68. Pada siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 91% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 82. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa materi alat pencernaan pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Aug 2016 17:03
Last Modified: 04 Aug 2016 17:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item