PURI MELANI, 115060279 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA, DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
caver.docx Download (100kB) |
|
Text
lampiran motto depan.docx Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (17kB) |
|
Text
Lanjutan BAB 1.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (19kB) |
|
Text
lanjutan BAB 2.docx Download (89kB) |
|
Text
BAB 3.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
Lanjutan BAB 3.docx Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
lanjutan BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
lanjutan BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap pada pembelajaran materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di SDN Babakan Sondari 01 Kabupaten Bandung khususnya dikelas IV dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya sikap kerjasama dan kreativitas peserta didik.Penelitian Tindakan Kelas ini berlangsung 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan kerjasama dan kreativitas peserta didik pada materi keberagaman suku budaya dan bangsa, pada siklus 1 sikap kerjasama peserta didik berhasil meraih rata-rata 2,43, adapun kreativitas yang diperoleh dari siklus 1 yaitu 2,44. Kedua pada pelaksanaan siklus 2 merupakan perbaikan siklus 1 dan sikap kerja sama dan kreativitas peserta didik mengalami peningkatan. Kerjasama dan kreativitas peserta didik meraih nilai dengan rata-rata 2,92 dan 2,82. Ketiga pada pelaksanaan siklus 3 yang merupakan perbaikan dari siklus 2 sikap kerjasama dan kreativitas peserta didik pada siklus 3 ,hasil kerjasama peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 3,04 dan kreativitas diperoleh rata-rata 3.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kerjasama dan kreativitas peserta didik dalam materi keberagaman suku bangsa dan budaya. Dengan demikian penggunaan model discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Sekolah Dasar khususnya di kelas IV.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 18:58 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 18:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7909 |
Actions (login required)
View Item |