PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA, DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS

PURI MELANI, 115060279 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA, DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
caver.docx

Download (100kB)
[img] Text
lampiran motto depan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lanjutan BAB 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (19kB)
[img] Text
lanjutan BAB 2.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Lanjutan BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
lanjutan BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
lanjutan BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap pada pembelajaran materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di SDN Babakan Sondari 01 Kabupaten Bandung khususnya dikelas IV dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya sikap kerjasama dan kreativitas peserta didik.Penelitian Tindakan Kelas ini berlangsung 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan kerjasama dan kreativitas peserta didik pada materi keberagaman suku budaya dan bangsa, pada siklus 1 sikap kerjasama peserta didik berhasil meraih rata-rata 2,43, adapun kreativitas yang diperoleh dari siklus 1 yaitu 2,44. Kedua pada pelaksanaan siklus 2 merupakan perbaikan siklus 1 dan sikap kerja sama dan kreativitas peserta didik mengalami peningkatan. Kerjasama dan kreativitas peserta didik meraih nilai dengan rata-rata 2,92 dan 2,82. Ketiga pada pelaksanaan siklus 3 yang merupakan perbaikan dari siklus 2 sikap kerjasama dan kreativitas peserta didik pada siklus 3 ,hasil kerjasama peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 3,04 dan kreativitas diperoleh rata-rata 3.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kerjasama dan kreativitas peserta didik dalam materi keberagaman suku bangsa dan budaya. Dengan demikian penggunaan model discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Sekolah Dasar khususnya di kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Aug 2016 18:58
Last Modified: 03 Aug 2016 18:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7909

Actions (login required)

View Item View Item