PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

ARDHIFA SHELBY SYLFANKA, 195060093 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BABA V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik pada kelas III SDN 113 Banjarsari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen type nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas III sebanyak 180 siswa. Sampel dari penelitian ini dari kelas kontrol sebanyak 31 orang dan kelas eksperimen sebanyak 31 orang. Pada kelas kontrol menggunakan metode direct instructional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Dalam penelitian ini rata-rata aktivitas guru di kelas eksperimen sebesar 81,33% (baik) dengan rata-rata aktivitas siswa sebesar 80,66% (baik). Pada kelas kontrol rata-rata aktivitas guru sebesar 76% (baik) dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 70,33% (baik). Rerata pretest eksperimen adalah 56.79 dan untuk postest ekperimen adalah 83.62. Dapat dilihat dari uji paired sample t-test sebesar nilai sig 0,024 < 0,05 maka artinya terdapat perbedaan antara pembelajaran Problem Based Learning dengan pembelajaran direct instructional terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Sekolah Dasar yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, hasil belaja, IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2025 09:01
Last Modified: 02 Oct 2025 09:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78855

Actions (login required)

View Item View Item