SEPTIANI ANGELINA DWI, 215030033 (2025) PENGARUH MEDIA STRIP STORY SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS TEKS REKON IMAJINATIF DI KELAS X SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media strip story sebagai alternatif bahan ajar terhadap kreativitas siswa dalam menulis teks rekon imajinatif di kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung. Hasil analisis data sebelum penggunaan media strip story menunjukkan bahwa peserta didik kelas X-E7 belum mampu menulis teks rekon imajinatif dengan rata-rata nilai 55,23, yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal 75. Setelah menggunakan media strip story, terjadi peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai mencapai 92,83. Analisis uji Wilcoxon mengonfirmasi bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen menggunakan media strip story (92,83) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional (83,17) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), yang menyatakan media strip story efektif dalam pembelajaran teks rekon imajinatif. Selain itu, uji Mann Whitney juga menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, mengindikasikan bahwa penggunaan media strip story memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks rekon imajinatif siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media strip story sebagai bahan ajar alternatif untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis siswa. Kata kunci : teks rekon, media, strip story, mann whitney
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:26 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |