Sabrina Nur Azizah, 214010236 and Dr. Dewi Yulianti Indah, SE.,MM, Pembimbing (2025) ANALISIS SISTEM ANTRIAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE CHANNEL SINGLE PHASE UNTUK EFEKTIVITAS WAKTU MELAYANI DI LOKET FARMASI UPTD PUSKESMAS PASIRKALIKI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (212kB) |
Abstract
ABSTRAK Fenomena antrian umumnya sering terjadi dalam berbagai sektor pelayanan termasuk sektor kesehatan, antrian terjadi ketika jumlah pelanggan yang datang melebihi kapasitas layanan yang tersedia dalam suatu periode waktu tertentu, jika tidak dikelola dengan baik antrian dapat menyebabkan waktu tunggu yang lama . penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian pada loket farmasi UPTD Puskesmas Pasirkaliki Kota Bandung dengan menggunakan metode single channel single phase dengan standar operasional prosedur yaitu maksimal 5 menit, hasil analisis menunjukan bahwa tingkat kedatangan pasien tertinggi terjadi pada hari jumat pukul 10:00 – 11:00 WIB dengan jumlah (Ws) waktu rata – rata yang dihabiskan pasien dalam antrian sebesar 4,03 menit/pasien dan hari senin pukul 11:00 – 12:00 WIB dengan jumlah (Ws) waktu rata – rata yang dihabiskan pasien dalam antrian sebesar 6,84 menit/pasien, dari perhitungan yang dilakukan bahwa efektivitas waktu pelayanan dapat dikatakan efektif jika lebih dari 100% dengan waktu aktual lebih rendah dari waktu standar operasional prosedur, maka dari itu diperoleh hasil untuk efektivitas waktu pelayanan pada hari jumat sebesar 124,07% dinyatakan efektif sedangkan pada hari senin sebesar 73% dinyatakan masih belum dapat dikatakan efektif karena beresiko tinggi terjadi penumpukan antrian , peneliti menyarakan melakukan penambahan petugas, peningkatan ruang tunggu serta perbaikan pada aplikasi SIKDA untuk mengoptimalkan pelayanan. Kata kunci : Antrian, Single channel single phase, Efektivtas waktu pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2021 |
Depositing User: | Mr FEB-Parid - |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |