Laviansyah Mochammad Nazwan, 215020006 (2025) PENGARUH ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survei pada siswa kelas XI IPS SMAN 9 Bandung, SMAN 13 Bandung, SMAN 18 Bandung tahun ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat salah satunya Artificial Intelligence, hasil PISA yang mengalami penurunan, rendahnya kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan AI pada siswa, Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa, Untuk mengetahui pengaruh AI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey menggunakan kuesioner dan wawancara. Dengan menyebarkan kuesioner kepada kelas XI IPS di SMAN 9, SMAN 13, SMAN 18 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Artificial Intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan dibuktikannya hasil uji Regresi linear yang menunjukkan koefisien regresi bernilai 0,341. Hasil uji T mendukung temuan tersebut, yaitu t hitung (5,587) lebih besar dari t tabel (1,972) dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. Hasil uji normalitas, heteroskedastisitas menunjukkan memenuhi syarat, yaitu residual terdistribusi normal. Adapun hasil dari uji linearitas dengan nilai signifikansi (sig) Deviation from Linearity sebesar 0,103. Dapat disimpulkan hubungan antara Artificial Intelligence dan Kemampuan Berpikir Kritis adalah linear. Uji koefisien determinasi menunjukkan pengaruh Artificial Intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis sangat rendah dengan nilai R square 0,140 (14%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Artificial Intelligence memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Namun pengaruhnya sangat rendah. Kata kunci: Artificial Intelligence, kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |