ALTAMARA DEAJENG, 215060119 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR NEGERI (Penelitian Quasi Eksperiment Pada Peserta Didik Kelas IV SDN BOJONGSALAM 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
Abstract
Salah satu tantangan yang masih dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran, rendahnya keterlibatan aktif siswa, serta metode mengajar yang masih berpusat pada guru. Kondisi ini mendorong perlunya penerapan model pembelajaran yang lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS siswa kelas IV di SD Negeri Bojongsalam 01. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model Talking Stick. nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 52,43 meningkat menjadi 79,50 pada posttest, sedangkan di kelas kontrol meningkat dari 37,57menjadi 58,37. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Selain itu, effect size sebesar 2,891 menunjukkan pengaruh yang sangat besar dari model pembelajaran ini terhadap peningkatan hasil belajar siswa. penerapan model talking stick juga berdampak positif terhadap peningkatan partisipasi, kepercayaan diri, serta pemahaman konsep siswa secara menyeluruh. Dengan demikian, model pembelajaran koopertaif tipe talking stick efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Model Talking Stick, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |