PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment untuk peserta didik kelas IV di SD Plus Marhamah Hasanah)

Rahmawati Sekar Nurulaini, 205060145 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment untuk peserta didik kelas IV di SD Plus Marhamah Hasanah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
PENGUJI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan menulis deskripsi yang dimiliki oleh peserta didik sekolah dasar, yang ditandai dengan kurangnya kemampuan mengembangkan ide dan menyusun paragraf secara runtut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dipadukan dengan media Powtoon terhadap peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV SD Plus Marhamah Hasanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan model TPS berbantuan media Powtoon dan kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Instrumen penelitian berupa tes menulis deskripsi yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, berdasarkan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi p < 0,001. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan sebesar 80% di kelas eksperimen dan 40% di kelas kontrol. Selain itu, perhitungan effect size dengan Cohen’s d sebesar 1,516 menunjukkan pengaruh yang sangat besar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model TPS berbantuan media Powtoon efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik. Model ini mendorong partisipasi aktif, kerja sama, dan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di era digital. Kata kunci: Keterampilan Menulis Teks Deskripsi, Think Pair Share, Media Powtoon

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:00
Last Modified: 29 Sep 2025 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78646

Actions (login required)

View Item View Item