FADILLAH DYDO RIFQI, 215030059 (2025) PENERAPAN METODE DEDISCERTA BERBANTUAN MEDIA VENNGAGE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK MEMAHAMI KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI DI KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (694kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Dediscerta berbantuan media Venngage dalam pembelajaran membaca untuk memahami kaidah kebahasaan teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 2 Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca dan kesulitan siswa memahami kaidah kebahasaan, seperti kata ganti dan konjungsi temporal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi, melibatkan kelas eksperimen (X2, 27 siswa) dengan metode Dediscerta berbantuan Venngage dan kelas kontrol (X1, 27 siswa) dengan metode ceramah. Data dikumpulkan melalui Pretest, posttest, observasi sikap (mandiri, kritis, kreatif), serta penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil menunjukkan: (1) Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran oleh penulis baik (skor rata-rata 3,35, kategori "Baik"); (2) Nilai kelas eksperimen meningkat signifikan dari Pretest 47,70 ke posttest 80,26 (selisih 32,56; uji Wilcoxon, Asymp. Sig.=0,000); (3) Kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kontrol (posttest 80,26 vs. 72,74; uji Mann-Whitney, Asymp. Sig.=0,003). Sikap siswa kelas eksperimen sangat berkembang (skor 3,5) dibandingkan kontrol (skor 3,2). Metode Dediscerta berbantuan Venngage terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman kaidah kebahasaan teks biografi. Hasil ini dapat menjadi referensi untuk inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Kata Kunci: Dediscerta, Venngage, Kaidah Kebahasaan, Teks Biografi, Pembelajaran Membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 07:30 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |