PENERAPAN MODEL CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP BERBANTUAN WORDWALL

AZZAHRA FASYA, 215050003 (2025) PENERAPAN MODEL CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (981kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence merupakan dua aspek krusial dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis mencerminkan kapasitas kognitif siswa, sementara self-confidence termasuk dalam ranah afektif yang turut berkontribusi terhadap keberhasilan belajar. Namun, kedua kemampuan tersebut masih tergolong rendah pada siswa, yang terlihat dari masih adanya kesulitan dalam memahami materi matematika. Oleh karena itu, penerapan model CORE yang didukung oleh media Wordwall dipandang sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang mendapatkan model CORE berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa SMP yang mendapatkan model pembelajaran biasa; 2) Untuk mengetahui selfconfidence siswa SMP yang memperoleh model CORE berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa SMP yang mendapatkan model pembelajaran biasa; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis siswa SMP melalui model CORE berbantuan Wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan penilitian non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 50 peserta didik dari dua kelas SMP Pasundan Rancaekek. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model CORE berbantuan Wordwall meningkat lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Self-confidence peserta didik yang memperoleh model CORE berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3)Terdapat korelasi positif yang signifikan antara komunikasi matematis dan self-confidence peserta didik yang memperoleh model CORE berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa. Dengan koefisien korelasi sampel sebesar 0,724 yang menujukan korelasi yang kuat. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-confidence, Model CORE

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:47
Last Modified: 26 Sep 2025 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78593

Actions (login required)

View Item View Item