PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN (Penelitian Quasi Experiment Kelas II Sekolah Dasar Negeri 060 Raya Barat)

HILMIA SOFAWATI, 215060009 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN (Penelitian Quasi Experiment Kelas II Sekolah Dasar Negeri 060 Raya Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (808kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap peningkatan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik kelas II SD Negeri 060 Raya Barat. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD Negeri 060 Raya Barat yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling, yaitu kelas II C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas II A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 62,00 dan kelas kontrol sebesar 61,33. Setelah dilakukan perlakuan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,67 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,67. Uji hipotesis menggunakan uji-t (independent samples t-test) menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning berbantuan media wordwall dengan peserta didik yang belajar menggunakan model konvensional. Dengan demikian, penerapan model problem based learning berbantuan media wordwall berpengaruh signifikan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik kelas II SD Negeri 060 Raya Barat. Kata Kunci: Problem Based Learning, Wordwall, Pemahaman Konsep, Penjumlahan dan Pengurangan, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:29
Last Modified: 24 Sep 2025 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78550

Actions (login required)

View Item View Item