Kamila Salsabilla Sava, 215060029 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan oleh kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, serta kurangnya pemahaman terkait pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, untuk mengatahui peningkatan hasil belajar IPAS dan menagalisis pengaruh model cooperative learning tipe student team achievement division berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar IPAS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 164 Karangpawulang. Instrumen tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan soal uraian dengan total 25 soal. Instrumen tes ini diuji cobakan kepada kelas IV yang memperoleh hasil 20 butir soal yang valid dan akan digunakan untuk soal pretest dan posttest. Objek yang digunakan adalah kelas III dimana kelas III A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division berbantuan media canva dan kelas III B sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Tes terdiri dari pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah mendapatkan data, maka peneliti melaksanakan analisis data dan menghitung hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 27 dan menghitung effect size serta menuji n-gain. Berdasarkan pada kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division berbantuan media canva lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran metode ekspositori maka terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen kemudian pengaruh model cooperative learning tipe student team achievement division berbantuan media canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPAS berkategori besar dengan nilai 84,16. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Media Canva, Hasil Belajar IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:05 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |