PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta didik Kelas III SDN Bojongmondro Kabupaten Bandung)

RAHAYU FADHL MUH, 215060014 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta didik Kelas III SDN Bojongmondro Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang sering ditemui dalam proses pembelajaran, yakni rendahnya kemampoan membaca pemahaman Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk menegetahui pengaruh penggunaan model Pengaruh Model Project based learning (PJBL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode guast eksperimen, serta melibatkan peserta didik kelas III SDN Bmondro sebagai subjek penelitian. Populasi penelitian mencakup 42 peserta didik, sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample jenuh. Penenlitian ini menggunakan teknik Nonequivalent Control Group design, dimana kelas III A di jadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik penggumpulan data meliputi tes pretest dan posttest serta observasi dan dokumentasi yang mendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Pengaruh Model Project based learning (PJBL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas memberikan dampak positif terhadap aktivitas pendidik dan peserta didik. Aktivitas pembelajaran di kelas eksperimen meningkatkan secara signifikan di bandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata aktivitas pendidik kelas eksperimen meningkat dari 73,43% menjadi 93,48%, sedangkan unnak aktivias peserta didik di kelas eksperimen meningkat dari 56,19% menjadi 75,43%. Uji Hipotesi Independent Sample t-Test menunjukan nilai signifikansi 000 0,05, yung berati He ditolak dan Ho. diterima. Selanjutnya hasil N-Gain menunjukan peningkatan kemampuan membaca pemaharnan sebesar 48,49% yang termasuk dalam kriteria sedang, dan 24,30% yang termasuk dalam kriteria rendah di kalas kontrol dan ratarata nilai kelas eksperimen 77,34 lebih tinggi dibandinglas dengan kelas kontrol yang memiliki niali rata-rata 63,12. Dengan demikian, model Pengaruh Model Project based learning (PJBL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik. Kata Kunci: audio visual, membaca pemahaman, model (PJBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:37
Last Modified: 24 Sep 2025 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78531

Actions (login required)

View Item View Item