PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA LEVEL B1 BERBASIS AUTHENTIC MATERIALS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIMODALITY PADA PROGRAM IB DIPLOMA DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL

Agustin Widiana, 215030051 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA LEVEL B1 BERBASIS AUTHENTIC MATERIALS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIMODALITY PADA PROGRAM IB DIPLOMA DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (755kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tantangan utama yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA adalah mengembangkan bahan ajar yang sesuai dan menarik bagi para pemelajar BIPA dengan latar belakang bahasa dan budaya yang beragam. Mengajarkan bahasa Indonesia kepada siswa asing dibutuhkan sumber yang akurat dan mudah dipahami. Perencanaan, proses, dan evaluasi semuanya harus diperhatikan saat belajar BIPA. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan dan rancangan awal yang telah dianalisis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa pemelajar BIPA lebih antusias ketika diberikan materi dari konteks dunia nyata. Selain itu, adanya diskusi di pra kegiatan sebelum pemelajar membaca teks, seperti mendiskusikan gambar atau video yang berkaitan dengan materi menjadi kebutuhan pembelajar dalam proses belajar mengajar. Penelaahan konsep berfokus pada authentic materials, multimodality, dan IB curriculum. Rancangan awal desain dimuali dari merancang tes yang mengacu kepada kriteria, memilih media, menentukan format, dan rancangan awal. Pengembangan bajar ajar BIPA level B1 dilakukan setelah validasi ahli oleh empat validator. Tahapan pengembangan dimulai dari tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Produk akhir dari penelitian ini berupa bahan ajar BIPA level B1 berbasis authentic materials dengan menggunakan pendekatan multimodality yang sudah ber-ISBN dan HAKI. Penyebaran dilakukan melalui distribusi lembaga pendidikan dan publikasi melalui jalur resmi, bahan ajar ini telah tersedia di perpustakaan nasional dan perpustakaan daerah. Kata kunci: bahan ajar BIPA, authentic materials, pendekatan multimodality

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:41
Last Modified: 23 Sep 2025 08:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78525

Actions (login required)

View Item View Item