RAHMAWATI SANTI, 215020027 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa, sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Controll Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Pasundan 7 Bandung dengan melibatkan 2 kelompok homogen yaitu kelas XI A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI A 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan menerima perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah lembar pretest dan posttest berupa soal yang berbentuk esai. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebesar 15,02, yang dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 55 dan rata-rata posttest sebesar 70,02. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 48,74 dan posttest sebesar 55,76 dengan angka peningkatan sebesar 7,02. Hasil dari perhitungan effect size diperoleh angka sebesar 1,927 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh yang tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sebagai akhir dari penelitian ini, penulis menyampaikan saran kepada pihak yang memiliki wewenang dalam membuat kebijakan di sekolah untuk memberikan kebijakan terkait pembelajaran yang harus diterapkan di sekolah. Bagi siswa agar lebih aktif dalam mengikuti setiap rangkaian pembelajaran dan berani dalam hal menyampaikan pendapat. Bagi peneliti selanjutnya sebagai rujuan atau referensi untuk penelitian yang serupa serta menambahkan unsur pembaharuan terhadap penelitian yang sudah diteliti. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning , Kemampuan Berpikir Kreatif, Kegiatan Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 03:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |