PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS ETNOMATEMATIKA

NURFADILAH RISTY, 215050014 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran matematika. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa keduanya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika dibandingkan dengan model pembelajaran biasa; (2) mengetahui apakah selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa; dan (4) mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self-confidence siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Pasundan 3 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yang signifikan pada siswa yang belajar dengan model Treffinger berbasis etnomatematika; (2) self-confidence siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence; dan (4) model Treffinger berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Self-Confidence, Model Treffinger, Etnomatematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:35
Last Modified: 17 Sep 2025 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78407

Actions (login required)

View Item View Item