NURFADILAH RISTY, 215050014 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran matematika. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa keduanya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika dibandingkan dengan model pembelajaran biasa; (2) mengetahui apakah selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa; dan (4) mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self-confidence siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Pasundan 3 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yang signifikan pada siswa yang belajar dengan model Treffinger berbasis etnomatematika; (2) self-confidence siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence; dan (4) model Treffinger berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Self-Confidence, Model Treffinger, Etnomatematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:35 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |