APRILIANI SHELVINA, 215060016 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperiment Pada Peserta Didik Kelas III SD Mathla’ul Khoeriyah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (894kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang kerap muncul dalam kegiatan pembelajaran yaitu rendahnya kemampuan menyimak. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita peserta didik kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, serta melibatkan peserta didik kelas III SD Mathla'ul Khoeriyah sebagai subjek penelitian. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas III di sekolah tersebut, dengan total 42 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik Nonequivalent Control Group design, dimana kelas III A dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Paired Story Telling berbantuan media audio visual memberikan dampak positif terhadap aktivitas guru dan peserta didik. Aktivitas belajar di kelas eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata aktivitas pendidik kelas eksperimen miningkat dari 73,75% menjadi 96,25%, sedangkan untuk aktivitas peserta didik di kelas eksperimen meningkat dari 65,00% menjadi 87,50%. Uji hipotesis Independent Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, hasil uji Effect size sebesar 1,20 dalam kategori sangat besar. Selain itu, perhitungan NGain menunjukkan peningkatan kemampuan menyimak sebesar 68% kategori cukup efektif di kelas eksperimen, dan 40% kategori kurang efektif di kelas kontrol. Dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,33, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata 78,76. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling berbantuan media audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling, Media Audio Visual, Keterampilan Menyimak
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |