PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KOLABORASI SISWA SD (Penelitian Quasy Eksperiment pada Siswa Kelas IV Muatan Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Negeri Cijagra 04 Kabupaten Bandung)

Endah Eneng, 215060057 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KOLABORASI SISWA SD (Penelitian Quasy Eksperiment pada Siswa Kelas IV Muatan Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Negeri Cijagra 04 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (511kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (992kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah rendahnya hasil belajar dan kolaborasi siswa pada pelajaran IPAS disebabkan kurangnya semangat, dan keterlibatan aktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh model Cooperative Learning tipe TGT berbantuan media wordwall terhadap peningkatan hasil belajar dan kolaborasi IPAS kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. dengan melibatkan peserta didik kelas IV SDN Cijagra 4 sebagai subjek penelitian. Populasi penelitian mencakup 88 siswa, sampel penelitian siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik penggumpulan data meliputi pretest dan posttest serta observasi dan dokumentasi yang mendukung. Nilai pretest kelas eksperimen penelitian SDN Cijagra 4 sebesar 69.52, sedangkan nilai posttest kelas eksperimen naik menjadi 79,86. Sebaliknya, kelas kontrol memperoleh nilai 66.10 pada pretest dan 66.86 pada posttest. Hasil uji independent t-test menunjukkan nilai signifikan dengan nilai t hitung sebesar 6.428 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Model TGT memiliki pengaruh besar ditunjukkan oleh effect size sebesar 1,71 (Besar). Berdasarkna hasil frekuensi dari keseluruhan nilai kolaborasi pertemuan 1 dan 2 yaitu untuk indikator bekerja sama 55,2% vs 10,3%, komunikasi 62,1% vs 6,9%, saling ketergantungan 48,3% vs 6,9%, tanggap sosial 55,2% vs 10,3%. Nilai nGain kelas eksperimen 0,3194 (sedang), sedangkan kelas kontrol 0,0232 (kategori rendah). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe TGT berbantuan media wordwall berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPAS dan kolaborasi siswa pada kelas IV secara signifikan. Kata kunci: Teams Games Tournament, Wordwall, Hasil Belajar, IPAS, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:48
Last Modified: 09 Sep 2025 08:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78329

Actions (login required)

View Item View Item