HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI MELALUI MEDIA SOSIAL DENGAN PENERAPAN NILAI SOSIAL DALAM MASYARAKAT PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NAZWA

NABILA, WAFA IZZATI (2025) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI MELALUI MEDIA SOSIAL DENGAN PENERAPAN NILAI SOSIAL DALAM MASYARAKAT PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NAZWA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)
[img] Text
COVERR.docx

Download (164kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (27kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (25kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN..docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Komunikasi Media Sosial dengan Penerapan Nilai Sosial dalam Masyarakat pada Siswa di Madrasah Aliyah Nazwa”. Meningkatnya prevalensi media sosial di kalangan remaja dan peran signifikannya dalam membentuk perilaku sosial memberikan dorongan untuk penelitian ini. Komunikasi digital melalui platform seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook memfasilitasi interaksi yang meluas dan cepat, berpotensi berdampak pada internalisasi nilai-nilai sosial baik secara positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-korelasi kuantitatif, dengan teknik purposive sampling untuk memilih 43 siswa secara proporsional dari kelas 10, 11, dan 12. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur komunikasi media sosial dan nilai sosial (gotong royong, toleransi, dan kesopanan). Uji korelasi rank Spearman, yang dianalisis menggunakan SPSS versi 30.0, mengungkapkan adanya korelasi positif yang signifikan (r = 0,490, p < 0,01) antara komunikasi media sosial dan penerapan nilai-nilai sosial. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas komunikasi digital dikaitkan dengan kecenderungan yang lebih besar untuk menerapkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, korelasi yang kuat diamati antara komunikasi media sosial dan gotong royong (r = 0,598), toleransi (r = 0,529), dan kesopanan (r = 0,579). Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman teori interaksi sosial dan sosiologi digital. Secara praktis, ini menggarisbawahi pentingnya literasi digital yang etis dalam pendidikan karakter dan menyoroti perlunya sekolah, konselor bimbingan, dan orang tua untuk membimbing siswa dalam memanfaatkan media sosial secara positif untuk membangun identitas sosial dan memperkuat nilai-nilai kebajikan dalam masyarakat. Temuan ini menganjurkan intervensi proaktif untuk memanfaatkan potensi positif media sosial untuk menumbuhkan perilaku prososial di kalangan remaja Kata kunci: Komunikasi; Nilai Sosial; Remaja; Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:40
Last Modified: 04 Sep 2025 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78293

Actions (login required)

View Item View Item