PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DENGAN MEDIA ANAGRAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Nasional Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

ANA DEDE, 215020023 (2025) PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DENGAN MEDIA ANAGRAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Nasional Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (645kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe TGT berbantuan media teka-teki silang dengan media anagram pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nasional Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2024/2025, terdiri dari du akelas yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X-2 sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I adalah sebesar 21,19 dengan skor N-Gain 0,5925, dan nilai rata-rata post-testnya mencapai 84,61. Adapun peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen II tercatat sebesar 20,14 dengan skor N-Gain 0,5174, dan nilai rata-rata post-testnya adalah 81,25. Kedua peningkatan ini, baik pada kelas eksperimen I maupun kelas eksperimen II, dikategorikan sebagai sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media teka-teki silang lebih tinggi daripada model kooperatif tipe TGT berbantuan media anagram, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media teka-teki silang lebih maksimal digunakan pada proses pembelajaran. Bagi siswa diharapkan lebih termotivasi lagi dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Bagi peneliti selanjutnya penulis berharap dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Media Teka-Teki Silang, Media Anagram, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:51
Last Modified: 12 Aug 2025 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77684

Actions (login required)

View Item View Item