PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung)

PUSPITA INTAN, 215020044 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi, berdasarkan PISA 2022 dan hasil observasi dengan rata-rata 43,39 dari 33 siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi eksperiment melalui desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan indikator menurut Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, penarikan kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan pretest sebesar 44,81 dan posttest sebesar 71,29. Sedangkan kelas kontrol dengan pretest sebesar 44,52 dan posttest sebesar 55,81. Nilai signifikasi dari uji independent sample t-test menunjukkan 0,000 < 0,05 dan hasil uji effect size sebesar 2,299 ≥ 2,1 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat tinggi dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi. Dengan demikian, model problem based learning sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran ekonomi terutama dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Disarankan agar sekolah, guru dan siswa mendukung penerapan model problem based learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran abad 21 serta untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan materi ekonomi lain untuk penguatan temuan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:06
Last Modified: 12 Aug 2025 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77681

Actions (login required)

View Item View Item