FITRIA AUDIA NURUL, 215050012 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah dengan menerapkan model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) korelasi antara kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parongpong tahun pelajaran 2024-2025 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model problem-based learning berbantuan GeoGebra dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-confidence yang telah memenuhi kriteria keandalan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistics 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-confidence siswa yang memperoleh model problembased learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-confidence, Model Problem-Based Learning, GeoGebra
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |