PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

FITRIA AUDIA NURUL, 215050012 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (7kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah dengan menerapkan model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) korelasi antara kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parongpong tahun pelajaran 2024-2025 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model problem-based learning berbantuan GeoGebra dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-confidence yang telah memenuhi kriteria keandalan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistics 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-confidence siswa yang memperoleh model problembased learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-confidence, Model Problem-Based Learning, GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:50
Last Modified: 11 Aug 2025 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77654

Actions (login required)

View Item View Item