PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI BERORIENTASI PENGIMAJIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK FASE E SMAN 17 BANDUNG

PUTRI,TARISA MAULIDINAR EKA, 205030084 (2025) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI BERORIENTASI PENGIMAJIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK FASE E SMAN 17 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Pendidikan menjadi upaya sadar untuk mengembangkan kemampuan peserta didik secara menyeluruh, termasuk dalam penguasaan keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan menulis. Namun pada kenyataannya, menulis, khususnya menulis puisi, menjadi salah satu keterampilan yang cukup sulit dikuasai oleh peserta didik. Pembiayaan ini terutama terkait dengan pengembangan ide, imajinasi, serta penggunaan bahasa sastra yang tepat. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 17 Bandung, ditemukan bahwa peserta didik Fase E mengalami kesulitan dalam membaca teks puisi bertema pengimajian. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning karena dengan pembelajaran model itu maka akan berdampak pada karya tulis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis teks puisi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu telaah pustaka dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pada kelas eksperimen, peserta didik mengalami peningkatan nilai dari rata-rata 59,18 yang diperoleh dari prates menjadi 79,98 yang diperoleh dari pascates.sedangkan pada kelas kontrol, peserta didik mengalami peningkatan nilai dari rata-rata 52,57 yang diperoleh dari prates menjadi 65,75 yang diperoleh daro pascates. Oleh karena itu, model Problem Based Learning efektif untuk mengajarkan cara menulis teks puisi berorientasi pengimajian pada peserta didik fase E SMAN 17 Bandung. Kata kunci: keterampilan menulis, teks puisi, problembased learning, fase E

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:37
Last Modified: 08 Aug 2025 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77648

Actions (login required)

View Item View Item