PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survey Pada Siswa SMA Kelas XI SMAN 1, 6 Dan 15 Kota Bandung)

Maulidiah Dinda Nur, 215020012 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survey Pada Siswa SMA Kelas XI SMAN 1, 6 Dan 15 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (958kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI), khususnya ChatGPT, dalam proses pembelajaran siswa. Di satu sisi, teknologi ini memberikan kemudahan bagi siswa dalam mengakses informasi, menyelesaikan tugas, serta memahami materi secara cepat dan efisien. Namun di sisi lain, muncul kekhawatiran bahwa ketergantungan berlebihan pada AI dapat menurunkan kemampuan siswa dalam melakukan analisis dan evaluasi mandiri, sehingga menghambat pengembangan keterampilan berpikir kritis yang esensial di era digital ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 316 siswa dengan sampel sebanyak 177 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa pemanfaatan AI secara bijak dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta mendorong penguatan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat sekolah menengah atas. Kata kunci : Artificial Intelligence, ChatGPT, Berpikir Kritis, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:37
Last Modified: 05 Aug 2025 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77595

Actions (login required)

View Item View Item